Tidak Perlu Beli, Kamu Bisa Tanam Sendiri Dirumah. Ternyata Begini Triknya Tanam Buah Naga Supaya Cepat Subur dan Berbuah Lebat!

Subtitle goes here

By:

Juni 09, 2020

Shares

3.6 of 28 Users
Loading...

Teknik menanam buah naga sebenarnya sederhana. Baik buat budidaya pada kebun maupun pada pot.

Hanya saja, sebagian orang melupakan bagian krusial pada awal sehingga setelah beberapa tahun pohon butir naganya tidak berbuah. Normalnya butir naga mampu berbuah setalah 7 -10 bulan. Apabila beruntung 5 bulan telah berbuah.

Cara menciptakan bibit buah naga dengan metode steak:

Loading...

1. Carilah Induk yg cantik, yaitu : pernah berbuah minimal 4 kali, diameternya akbar (ada yg menyarankan 8 centimeter), panjangnya minimal 80 centimeter. Carilah batang yg berwarna hijau kelabu, nampak sehat, keras dan tua. Calon bibit tidak boleh busuk atau terkena penyakit.

2. Potonglah batang yang panjangnya 80-120 centimeter, sisakan 20% bagian induknya supaya permanen tumbuh, yang 80% ini buat kita jadikan bibit. Setiap bibit sebaiknya mempunya minimal 4 calon tunas.

3. Kemudian, potonglah batang yg akan distek dengan panjang masing-masing 20-30 cm. Bagian atas btg dipotong homogen dan pangkal bawahnya dipotong meruncing. Pangkal bawah ini nantinya yang akan ditancapkan ke tanah.

4. Celupkan bagian bawah ke fungisida buat menghindari penyakit, ada jua yg mengubah fungisida menggunakan bawang merah.

5. Oleskan perangsang akar di pangkal batang bagian bawah, lalu tancapkan ke bedengan atau polybag yang berisi media tanam dengan kedalaman 5 centimeter.

6. Media tanam yg baik terbuat menurut kompos, tanah, & sekam padi dengan perbandingan 2:1:1/2

7. Buatlah pelindung atau naungan buat menutupi stek batang buah naga tadi dari panas surya.

8. Stek disiram minimal 2 kali sehari, pagi & sore.

9. Pada umur tiga minggu, kamu boleh membuka naungan karena tunas pertama sudah tumbuh. Ini dimaksudkan agar cahaya surya dapat sepenuhnya menaruh cahayanya.

10. Setelah umur tunas dua bulan atau tingginya sekitar 50-80 centimeter, anda boleh memindahkan tunas ini ke tiang panjat. Jika bibit butir naga masih kecil, tunggu hingga umur tiga bulan, jika tuna nir muncul anggap saja bibit yg itu tidak berhasil.

Sumber: Youtube

0 Comment

Leave a Comment