Tersiar Kabar Mayat Pasien Corona Dibuang ke Laut, Jangan Makan Ikan dan Seafood. Ini Penjelasannya…

Subtitle goes here

By:

Mei 22, 2020

Shares

3.1 of 29 Users
Loading...

Beredar kabar di platform media sosial Twitter yang mengatakan sejumlah negara membuang mayat pasien virus corona atau Covid-19 ke laut. Berdasarkan penelusuran Kemenkominfo sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-depok.com, kabar dibuangnya mayat Covid-19 ke laut adalah hoaks.

Kabar tersebut pertama kali dibagikan pemilik akun Twitter @Naveenrajamani8 pada 22 April 2020. Pemilik akun Twitter itu mengunggah video berdurasi 45 detik yang menayangkan sejumlah orang menggunakan alat pelindung diri lengkap dengan sejumlah mayat orang kulit hitam yang tergeletak di bibir pantai.

Video tersebut menyajikan narasi yang menjelaskan bahwa beberapa negara membuang mayat pasien terinfeksi Covid-19 ke laut. Maka, masyarakat dianjurkan tidak memakan seafood. Dunia benar-benar segera berakhir.

Loading...

Bersama video tersebut, pemilik akun Twitter @Naveenrajamani8 juga menuliskan narasi sebagai berikut.

“Beberapa negara membuang tubuh orang-orang mati yang terinfeksi Covid-19 ke laut. Semuanya berhentilah makan seafood. Tindakan ini benar-benar menjijikan dan konyol.”

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut ternyata pernah diunggah di kanal YouTube Godspower Oshodin pada Juni 2016.

Video tersebut diklaim sebagai bukti bahwa banyak imigran Afrika yang ingin menyebrangi lautan untuk pergi ke Eropa. Diduga, hampir 200 orang tenggelam di laut setelah berupaya menyeberang ke Eropa menggunakan kapal kecil.

Kendati diunggah pada 2016, faktanya tragedi tersebut terjadi pada 2014. Daily Mail melaporkan bahwa mayat-mayat imigran Afrika ditemukan tersapu ke arah pantai 20 mil di timur Tripoli, Libya.

Sementara faktanya, virus corona baru jenis SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 baru ada muncul pada akhir tahun 2019.

Sementara, faktanya video mayat yang dibuang ke laut merupakan mayat imigran Afrika yang ditemukan di Libya pada 2014 silam saat mereka hendak menunju ke daratan Eropa.

Dapat disimpulkan dengan jelas bahwa konten video dengan narasinya itu tidak ada hubungannya sama sekali. Hingga saat ini, belum ada laporan tentang negara yang membuang pasien Covid-19 ke laut.

sumber: PIKIRAN RAKYAT

0 Comment

Leave a Comment