Ternyata Cara Kita Memasak Telur Rebus Selama Ini Salah, Begini Cara yang Benar Agar Bakterinya Benar-benar Mati

Subtitle goes here

By:

Juli 11, 2020

Shares

5.0 of 1 User
Loading...

Tak dapat dipungkiri jika telur rebus merupakan makanan yang nikmat baik dimakan sendiri ataupun bersama dengan santapan lain seperti soto ataupun siomay.

Nah, tentu sudah tak asing dengan aktivitas merebus telur bukan? Aktivitas satu ini kerap kali dilakukan Moms, apalagi yang hobi masak.

Punya waktu singkat di rumah dan malas untuk memasak, biasanya Saselovers juga hanya memanfaatkan telur untuk mengganjal perut.

Loading...

Namun bagaimana jika bakteri yang menempel pada telur tak hilang meski sudah direbus? Bisa jadi kesalahan ini terjadi saat Moms merebus telur dengan cara yang salah.

Hidangan yang akrab disajikan sehari-hari ini kadang juga timbulkan tanya. Tak sedikit yang penasaran bagaimana cara merebus telur yang benar, anti gagal, dan bakteri menghilang.

Berikut cara tepat dan mudah rebus telur yang anti retak dan bakteri berbahaya juga hilang.

1. Gunakan air dingin atau panas?

Saat memasukkan telur ke dalam panci dalam kondisi air sudah panas memang membutuhkan waktu yang lebih cepat.

Tetapi dengan cara itu justru membuat telur jadi retak karena terguncang oleh didihan air panas sehingga cangkang mudah retak.

Jika cangkang retak, biasanya putih telur akan keluar dari sela-sela retakan, sehingga membuat tampilan tampak tak bersih dan cantik.

Cara yang tepat adalah dengan menggunakan air suhu sedang, meski butuh waktu lebih lama tetapi telur tidak akan retak.

2. Waktu merebus telur

Kuning telur akan menjadi lebih keras setelah direbus kurang lebih 6 menit. Untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada telur tambahkan 2 sampai 4 menit agar bakteri benar-benar hilang.

Namun jika Saselovers terlalu lama merebus telur juga bukan cara yang benar. Sebab kandungan nutrisi dan mineral pada telur akan berkurang.

Efek buruk lainnya jika merebus telur terlalu lama maka akan mengalami degenerasi protein yang justru berdampak pada kesehatan.

3. Cara cegah telur retak

Jika sudah memasukkan telur pada air dingin tetapi masih saja retak, coba diberi udara dengan menggunakan jarum.

Atau Saselovers juga bisa gunakan irisan jeruk nipis agar kulit telur tak retak dan miliki tampilan yang indah saat dikupas.

Caranya cukup mudah, Saselovers hanya perlu tambahkan irisan jeruk secara bersamaan saat air mulai dipanaskan.

Selamat mencoba, ya!

sumber: wiken.grid.id

0 Comment

Leave a Comment