Pengertian Startup (Unicorn, Decacorn, Hectocorn) dan Karakteristik Startup

Subtitle goes here

By:

Februari 06, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Startup
Loading...

Pengertian Startup adalah sebuah wirausaha yang biasanya tergolong bisnis baru yang mana mengalami pertumbuhan dengan cepat dan pesat yang mana tujuannya adalah memenuhi kebutuhan pasar. Dengan mengembangkan model bisnis yang layak terkait produk, layanan, proses, ataupun platform yang inovatif. Definisi startup tersebut adalah definisi yang dikemukakan oleh Wikipedia.

Karakteristik Startup

Sebagai sebuah perusahaan, startup memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:

  1. Usia perusahaan
    Jika ibu hamil ibarat sebuah perusahaan, maka anak yang baru lahir bisa ibaratkan bisnis yang baru akan di jalankan baru berumur kurang dari 3 tahun.
  2. Jumlah karyawan minimalis
    Pada umumnya startup memiliki jumlah karyawan yang sedikit kurang lebih 30 orang.
  3. Sumber daya manusia multitasking
    Meskipun berawal memilki karyawan yang relatif sedikit namun karyawan memiliki talenta terbaik dan ahli yang berada di bidangnya masing-masing.
  4. Semangat kerja tinggi
    Selain itu, karyawan yang bekerja di startup umumnya berasal dari kaum milenial yang berusia muda dan melek teknologi. Biasanya perusahaan ini didirikan oleh anak muda berkisar 20 sampai 35 tahun. Sehingga dengan rentang usia tersebut masih memiliki banyak keinginan yang selalu ingin dikejar yang diiringi dengan semangat yang menggebu-gebu.
  5. Umumnya bergerak di bidang teknologi
    Meski pengertian sesungguhnya sebuah startup, namun tidak harus selalu di bidang teknologi. Seringkali kita temui beberapa startup yang ada saat ini pasti memiliki di bidang teknologi.
  6. Website menjadi sarana utama
    Perusahaan startup pastinya memiliki website pribadi untuk menjalankan segala pekerjaannya, yaitu untuk menawarkan dan mempromosikan produk yang dijual. Bisnis yang mereka jalankan meliputi jasa online yang pengoperasiannya menggunakan aplikasi pada yang selalu terhubung dengan website perusahaan itu sendiri.
  7. Konsumen adalah prioritas
    Target dari berdirinya sebuah startup adalah untuk memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu startup selalu menghadirkan inovasi-inovasi untuk memanjakan setiap konsumen yang dimilikinya.

Startup Unicorn

Istilah unicorn adalah istilah yang disematkan untuk perusahaan startup yang memiliki nilai kapitalisasinya lebih dari angka satu milyar. Dalam hal ini, satu milyar tersebut dinyatakan pada satuan mata uang dollar.  Jika mengacu pada tulisan yang dilansir oleh Venture Beat, maka saat ini terdapat setidaknya 229 startup yang telah masuk dalam kategori ini. Semua perusahaan tersebut tersebar di berbagai belahan dunia ini termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jerman, dan bahkan juga terdapat di Indonesia. Berikut merupakan perusahaan yang mencapai level unicorn di Indonesia, antara lain:

Loading...

1. Go-jek.

Go-jek merupakan sebuah aplikasi online yang digagas oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. hebatnya, Go-jek ini hanya perlu waktu 1,5 tahun sebelum akhirnya menyandang status unicorn. Ini merupakan fakta membanggakan karena untuk mencapai level unicorn rata-rata startup membuthkan waktu setidaknya 6 tahun.

2. Bukalapak

Bukalapak merupakan marketplace yang pendanaan serta penjualannya cenderung konsisten.

3. Traveloka

Traveloka merupakan startup yang didirikan oleh Ferry Unardi yang merupakan lulusan MBA dari Harvard Business School. Setelah lulus dari Harvard tersebut, Ferry berinisiatif membuka aplikasi pemesanan tiket pesawat terbang. Pada bulan desember pada tahun yang sama, aplikasi Ferry Unardi ini berhasil memproses setidaknya dua juta pencarian tiket pesawat.

4. Tokopedia

Tokopedia merupakan startup yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan juga Leotinus Alpha Edison di tahun 2009. Startup ini memiliki pendanaan yang besar melalui banyak investor. Bahkan, startup tokopedia ini sempat disebut-sebut sebagai startup dengan rekor pendanaan yang terbesar di negara Indonesia ini.

Pada 2016, Uber menempati posisi pertama dalam unicorn. Untuk menembus level unicorn sendiri, startup harus melewati serangkaian proses dan waktu yang cukup lama. Jika mengacu pada Venture Beat, setidaknya diperlukan waktu kurang lebih enam tahun bagi startup untuk mencapai level unicorn ini.

Startup Decacorn

Decacorn adalah sebuah perusahaan yang nilainya mencapai sepuluh milyar dalam dollar. Perusahaan-perusahaan startup dunia yang telah masuk kategori decacorn sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Dropbox
  2. SpaceX
  3. Uber
  4. Pinterest
  5. Airbnb
  6. WeWork
  7. dan lain-lain.

Startup Hectocorn

Hectocorn adalah level tertinggi dari startup. Agar start up mendapatkan sematan Hectocorn maka ia harus memiliki nilai perusahaan lebih dari seratus milyar dollar. Di Indonesia sendiri, masih berada pada level unicorn yang menuju kepada decacorn. Saat ini perusahaan yang disematkan dengan level tertinggi startup ini adalah Ant Financial dengan nilai perusahaan $150 billion dollar, pemilik perusahaan ini adalah founder dari Alibaba.com yakni Jack Ma.

Nah itu lah ulasan singkat mengenai Startup, Unicorn, Decacorn dan Hectocorn. Pada era sekarang ini, bisnis berbasis online selalu lebih cepat berkembang daripada yang lainnya, maka tak heran perusahaan dengan level unicorn sampai hectocorn merupakan perusahaan-perusahaan yang dapat diakses melalui jaringan internet. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comment

Leave a Comment