Pengertian Jurnal, Macam, Komponen Pembentuk dan Manfaat Jurnal

Subtitle goes here

By:

Februari 02, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Jurnal
Loading...

Jika anda seorang akademisi, tentunya anda sudah tidak asing yang dengan jurnal. Apalagi jika anda merupakan akademisi di pendidikan tinggi yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Jurnal ilmiah memiliki banyak jenis karena dapat mencakup seluruh bidang ilmu di dunia baik sosial maupun sains. Penerbitan jurnal sangatlah penting bagi dunia keilmuan untuk suatu perbaikan berkelanjutan.

Pengertian Jurnal

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jurnal mempunyai banyak definisi misalnya catatan harian, buku perantara, surat kabar, majalah bidang ilmu, dan masih banyak pengertian yang lain. Sedangkan menurut ahli, jurnal merupakan suatu laporan mengenai hasil penelitian yang bertujuan menemukan ilmu baru yang dilakukan dengan cara ilmiah.

Biasanya, jurnal dari penelitian harus terlebih dahulu dipertanggungjawabkan di depan para ahli untuk keabsahan ilmu / penemuan baru. Jurnal – jurnal ini dapat diterbitkan secara kumulatif beserta jurnal penelitian sejenis yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Namun tidak menutup kemungkinan jurnal tersebut diterbitkan secara individu.

Loading...

Manfaat Jurnal

Manfaat Jurnal

Ilustrasi Manfaat Jurnal via Pixabay

Dari pengertian jurnal diatas, sudah dapat dipastikan bahwa jurnal memiliki banyak sekali manfaat bagi bidang keilmuan. Beberapa manfaat dari jurnal akan diuraikan sebagai berikut :

  1. Sebagai bahan yang dibenarkan dan ilmiah secara keilmuan untuk dijadikan acuan pengambilan keilmuan tertentu
  2. Sebagai bahan tinjauan pustaka bagi penelitian yang menguji kembali suatu ilmu yang sebelumnya sudah diyakini kebenarannya
  3. Media pertukaran informasi serta ilmu yang menjabarkan fakta ilmiah yang terjadi secara aktual.

Macam – Macam Jurnal

Macam – Macam Jurnal

Ilustrasi Macam – Macam Jurnal via Pixabay

Jurnal mempunyai banyak macam, diantaranya akan diuraikan dibawah ini :

1. Jurnal Cetak

Jurnal cetak adalah salah satu jenis jrnal yang ditulis oleh seorang atau kumpulan peneliti dan disebarluaskan melalui media cetak. Jurnal cetak selalu disertai dengan  hasil akreditasi dari badan pengakreditasian jurnal maupun lembaga terkait. Namun di era globalisasi saat ini, keberadaan jurnal cetak baru mungkin sudah sulit ditemui karena telah tergantikan dengan keberadaan jurnal online.

2. Jurnal Online

Terdapat dua definisi dari jurnal online yang dipahami oleh masyarakat. Pertama, jurnal online merupakan jurnal yang dapat diakses dan didapatkan melalui website online. Jadi menurut definisi pertama, jurnal online pada dasarnya sama dengan jurnal cetak yang hasilnya dijadikan online. Kedua, jurnal online adalah jurnal yang proses pengelolaan hingga penerbitannya dilakukan secara online. Maksudnya, penulis / peneliti memproses jurnalnya secara online kemudian diserahkan kepada editor kemudian kepada mitra bebestari dinilai apakah jurnal tersebut layak dipublikasikan dan seluruh prosesnya melalui media online. Jurnal online yang sering di sebut e-journal tentunya wajib memiliki standar ISSN yang telah ditetapkan.

3. Jurnal Lokal

Jurnal lokal adalah jurnal yang diterbitkan oleh suatu lembaga dan ditulis oleh orang orang dalam lembaga tersebut. Jadi seluruh jurnal yang diterbitkan tidak perlu melalui mitra bebestari dari luar lembaga. Biasanya, jurnal yang diterbitkan akan digunakan untuk kepentingan lembaga dan nilainya tidak sebanding dengan jurnal diluar.

4. Jurnal Nasional

Jurnal nasional adalah salah satu jenis jurnal yang ditulis oleh seorang warga negara dan diterbitkan dinegara tersebut menggunakan bahasa negaranya. Jurnal yang diterbitkan akan terakreditasi secara nasional dan biasanya diterbitkan oleh lembaga tinggi negara yang mengurusi bidang riset (di Indonesia adalah Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi).

5. Jurnal Internasional

Dari namanya, sudah dapat ditebak bahwa jurnal ini merupakan jurnal yang menggunakan bahasa internasional seperti Inggris, China, Arab dan sebagainya. Tidak hanya karena bahasa yang digunakan, suatu jurnal dapat diakui secara internasional apabila penulisnya berasal dari lembaga tingkat dunia dan diakrediasi oleh mitra bebestari yang sudah ahli dalam bidang penelitiannya. Jurnal internasional juga harus dibuat dengan sistem OJS (Open Journal System). Penyeleksian suatu jurnal menjadi jurnal internasioanl sanat ketat sehingga jurnal ini sangat baik jika dijadikan referensi kepenulisan.

6. Jurnal Internasional Bereputasi

Jurnal Internasional Bereputasi merupakan kelanjutan dari jurnal internasional yang telah melewati proses verifikasi oleh Thompson reuter dan Corpenicus, DOAJ, CrissReff (jurnal tingkat sedang) dan SCOPUS (jurnal tingkat tinggi). Jurnal ini jumlahnya hanya sedikit namun sangat kuat jika dijadikan rujukan penelitian selanjutnya. Untuk meloloskan jurnal pada tingkat ini sangat sulit. Namun beberapa jurnal karya anak bangsa sudah bisa bersanding dengan Jurnal Internasional Bereputasi yang lainnya.

Komponen yang Ada dalam Jurnal

Komponen yang Ada dalam Jurnal

Ilustrasi Komponen yang Ada dalam Jurnal via Pixabay

Berikut beberapa komponen yang ada dalam jurnal, antara lain sebagai berikut.

  1. Judul
    Judul yang dituliskan harus singkat, padat dan jelas. Biasanya lembaga akan membatasi 13 kata. Berisi informasi yang mencerminkan isi penelitian. Dibawah judul, terdapat nama penulis (ditulis tanpa gelar) kemudian alamat email dari penulis (jika berkelompok maka e-mail yang ditulis merupakan email ketua tim.
  2. Abstrak
    Ditulis menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Ingggris. Abstrak hanya terdiri dari satu paragraf dengan jumlah kata 100-200 kata. Komponen ini mengandung seluruh isi dari penelitian. Kemudian dibagian bawahnya terdapat kata kunci yang berisi kata penting dalam jurnal.
  3. Pendahuluan
    Berisi latar belakang masalah, kerangka teori dan hipotetis penelitian.
  4. Metode Penelitian
    Pada bagian ini dijabarkan mengenai tempat dan waktu penelitian, subjek penelitian, teknik pengumpulan data serta teknik analisis data.
  5. Hasil
    Memuat deskripsi dari data penelitian dan hasil dari analisis data.
  6. Pembahasan
    Menjabarkan hasil penelitian secara deskriptif disertai dengan bukti bukti penguat dari penelitian.
  7. Kesimpulan
    Kesimpulan dari hasil penelitian, implikasi (jika ada) serta saran untuk penelitian selanjutnya.
  8. Daftar Pustaka
    Penulisan seluruh sumber rujukan yang digunakan dalam penelitian.

Itu dia ulasan mengenai pengertian jurnal, manfaat dan macam-macamnya. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai jurnal.

0 Comment

Leave a Comment