Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Fasilitas di Internet

Subtitle goes here

By:

Februari 02, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Internet
Loading...

Di zaman modern ini, internet sudah menjelma menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia di hampir seluruh dunia. Internet yang awalnya dikembangkan hanya untuk keperluan militer, kini sudah berevolusi menjadi kebutuhan pokok yang membantu setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Oleh sebab itu lah tidak heran jika internet menjadi sebuah ketergantungan tersendiri bagi masyarakat.

Pengertian Internet

Internet sendiri adalah kependekan dari interconnection – networking yang merupakan seluruh jaringan komunikasi yang memanfaatkan jaringan elektronik dan saling terhubung menggunakan sistem TCP / IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol ). Sistem tersebut berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani seluruh pengguna internet di dunia.

Sejarah Internet

Sejarah Internet

Ilustrasi Sejarah Internet

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, pada awalnya internet diciptakan untuk keperluan militer. Lebih tepatnya internet diciptakan pertama kali di Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPA dan kemudian dinamakan ARPANET.

Loading...

Dari segi militer, pembuatan sistem ini oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat bertujuan untuk menghubungkan seluruh komputer di daerah – daerah vital untuk mengatasi apabila sewaktu – waktu terjadi serangan nuklir dan menghindari adanya informasi terpusat sehingga perang lebih mudah dikendalikan.

Di awal pembuatannya, internet atau yang saat itu bernama ARPANET hanya menghubungkan 4 situs antara lain University of California, University of Utah, Santa Barbara, dan Stanford Research Institute yang membentuk suatu jaringan terpadu pada tahun 1969.

Setelah diperkenalkan secara umum pada tahun 1972, ARPANET berkembang sangat pesat dimana semakin banyak Universitas yang menyatakan keinginannya untuk bergabung sehingga ARPANET merasa kesulitan.

Pada akhirnya ARPANET dipecah menjadi dua yakni MILNET yang dikhususkan untuk militer, dan ARPANET (lebih kecil) yang difungsikan untuk non militer seperti keperluan pendidikan dan penelitian. Kedua jaringan ini akhirnya dikenal sebagai DARPA Internet dan saat ini kita kenal dengan istilah internet saja.

Fasilitas di Internet Hingga Saat Ini

Fasilitas di Internet Hingga Saat Ini

Fasilitas di Internet Hingga Saat Ini

Hingga sekarang, internet sudah memiliki ribuan fasilitas yang memudahkan kegiatan setiap penggunanya. Berikut beberapa yang paling banyak digunakan :

1). E-mail

E – mail adalah salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan di internet sejak dulu. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk saling mengirimkan surat dalam waktu yang sangat singkat. Sampai sekarang, e-mail terus berkembang pesat dari yang awalnya hanya bisa berkirim teks, sekarang sudah bisa berkirim file multimedia dengan ukuran terbatas.

Meskipun saat ini sudah banyak layanan berkirim pesan instan seperti WhattsApp, Facebook, BBM, dan lain – lain, E-mail tetap eksis karena dianggap lebih formal dan sering digunakan untuk berkomunikasi di tingkat instansi resmi.

2). Chatting

Memiliki fungsi yang hampir sama dengan e-mail, namun chatting bisa dibilang lebih santai. Hal ini dikarenakan chatting memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan singkat pada sebuah ruang chat pribadi maupun grup dalam waktu yang singkat.

Aplikasi – aplikasi chatting pun juga terus berkembang dan mengalami persaingan ketat. Saat ini sudah banyak developer yang menyediakan aplikasi chatting, seperti WhattsApp, Facebook, LINE, dan lain-lain.

3). WWW

WWW atau kependekan dari World Wide Web adalah sistem pada internet yang berfungsi untuk melakukan pencarian dan memberikan informasi super cepat menggunakan hypertext. Untuk membuat hypertext sendiri, dibutuhkan sebuah bahasa pemrograman HTML.

Pada umumnya, masyarakat awam menyebutkan www sebagai internet secara keseluruhan. Pada kenyataannya, www hanyalah bagian kecil dari internet yang sangatlah luas. Hanya saja, www memang lebih banyak digunakan oleh masyarakat untuk memudahkan setiap kegiatannya untuk mencari informasi baik itu dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

Manfaat Internet

Manfaat Internet

Ilustrasi Manfaat Internet

Berikut beberapa manfaat internet bagi kehidupan sehari-hari.

1). Menambah pengetahuan

Salah satu manfaat yang paling dirasakan dari internet adalah semakin mudahnya masyarakat untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Karena di internet sangat mudah ditemukan informasi – informasi tentang berbagai hal di seluruh dunia. Buku dan jurnal pun juga sudah mulai didigitalisasi artinya penggunaan kertas fisik juga bisa dikurangi.

2). Komunikasi lebih cepat

Memang, sudah ada telepon, namun tak bisa dipungkiri masyarakat masa kini memilih jaringan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain baik itu dengan panggilan suara, video call, maupun pesan singkat.

3). Berbisnis

Tidak hanya untuk berkomunikasi, dalam satu dekade terakhir internet sudah menjadi lahan bisnis tersendiri. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang meraup banyak uang dari berbisnis di internet.

4). Sebagai hiburan

Berbagai macam hiburan juga bisa ditemukan di internet, seperti bermain game, streaming film, mendengarkan musik, dan banyak lagi hal lain yang bisa ditemukan di internet.

Nah, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai pengertian internet dan seluk beluknya. Meskipun banyak diyakini memiliki dampak positif, internet juga menyimpan dampak negatif yang dapat mengancam siapa saja. Untuk itu diperlukan kebijaksanaan ekstra untuk menggunakan internet agar kita terhindar dari hal – hal negatif dan mengoptimalkan fungsinya.

1 Comment

Leave a Comment