Pengertian Imperialisme, Macam – Macam, Tujuan dan Dampak Imperialisme

Subtitle goes here

By:

Februari 05, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Imperialisme

Apakah arti dari imperiaslime? Imperialisme asalnya dari kata imperator atau imperium yang mempunyai arti memerintah atau denganĀ  kata lain suatu kerajaan yang mempunyai wilayah jajahan yang sangat luas. Pada zaman kerajaan romawi imperialisme menjadi sebutan untuk wilayah yang telah di kuasainya yang disebut dengan istilah imperium romanum.

Seiring dengan perkembangan zaman, imperialisme tak hanya digunakan untuk menyebut wilayah kerajaan romawi saja namun memiliki arti tersendiri. Imperialisme yaitu suatu bentuk penjajahan yang dilakukan oleh suatu negara pada negara lain.

Pengertian Imperialisme Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian imperialisme yang disampaikan oleh para tokoh dunia yang terkenal pada masa kejayaannya, yaitu sebagai berikut :

  1. Menurut allan bullock
    Imperialisme merupakan suatu penaklukan yang dilakukan oleh suatu warga negara terhadap daerah lain dengan suatu ketetapan hukum dengan cara mengekspoitasi kekayaan ekonomi dan finansial melalui sebuah kekuasaan.
  2. Menurut henry pratt fairchild
    Pengertian imperialisme yaitu suatu cara yang dilakukan oleh suatu negar dalam rangka meluaskan wilayah negaranya.
  3. Menurut lenin
    Definisi imperialisme yaitu sebuah sistem yang memiliki arti suatu proses ekonomi yang mempunyai pengaruh pada keputusan politik suatu negara.
  4. Menurut soekarno
    Menurut soekarno pengertian imperialisme yaitu suatu sistem yang digunakan untuk menguasai ekonomi suatu negara atau bangsa lain. Imperialisme juga termasuk suatu cara yang digunakan untuk menguasai suatu negara agar menjadi bagian negara yang ingin melakukan perluasan.

Macam – Macam Imperialisme

Imperialisme bisa digolongkan menjadi 4 macam berdasarkan tujuan penguasaannya yaitu sebagai berikut :

1. Imperialisme Politik

Imperialisme politik ialah suatu usaha atau upaya yang dilakukan guna menguasai seluruh kegiatan politik suatu negara lain. Negara yang akan dikuasai menjadi negara jajahan dan ketika nasionalisme muncul serta semakin berkobar maka imperialisme politik akan bersembunyi menjadi protektorat dan mandat.

2. Imperialisme Ekonomi

Imperialisme ekonomi yaitu suatu cara atau usaha yang dilakukan oleh suatu negara dalam rangka menguasai ekonomi negara lain. Imperialisme ekonomi ini dilakukan oleh negara jajahan untuk memperkuat kondisi ekonomi negara penjajah sehingga negara yang dijajah akan dikuras habis kekayaannya.

3. Imperialisme Militer

Imperialisme militer merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh sebuah negara untuk menguasai suatu daerah-daerah negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan militer atau menggunakan angkatan bersenjata. Negara penjajah akan membuat pangkalan militer di suatu daerah jajahan yang dianggpa strategis.

Tujuan dari imperialisme militer yaitu untuk memperkuat kondisi ekonomi negara penjajah serta menjamin keamanan daerah jajahan dari serangan penjajah lain termasuk perlawanan yang mungkin muncul dari daerah yang sedang dijajah.

4. Imperialisme Kebudayaan

Imperialisme kebudayaan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh negara penjajah untuk menguasai jiwa serta mentalitas dari negara lain. Suatu negara akan mempunyai jiwa serta mentalitas yang membentuk sebuah kebudayaan dan apabila kedua hal tersebut dikuasai oleh penjajah maka akan merubah kebudayaan negara jajahan.

Sedangkan menurut waktu munculnya imperialisme digolongkan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut :

  1. Imperialisme kuno
    Imperialisme kuno adalah imperialisme yang terjadi sebelum berlangsungnya revolusi industri yang mempunyai tujuan glory atau mencapai kejayaan, memiliki kekayaan atau gold, dan menyebarkan agama atau gospel. Negara yang menganut imperialisme kuno ini yaitu portugis dan spanyol.
  2. Imperialisme modern
    Imperialisme modern yaitu imperialisme yang terjadi setelah revolusi industri. Imperialisme modern ini terjadi karena keinginan para penjajah untuk meningkatkan perekonomian negaranya. Negara yang menganut jenis imperialisme ini adalah inggris.

Tujuan Imperialisme

Tujuan dari imperialisme yang dilakukan oleh suatu negara yaitu sebagai berikut :

1. Menyebarkan Kebudayaan

Negara penjajah melakukan penjajahan atau imperialisme yaitu dengan tujuan menyebarkan budaya-budaya barat ke suluruh pelosok dunia. Sehingga kebudayaan yang mereka miliki akan terkenal dan dilakukan oleh seluruh negara didunia.

2. Penguasaan Dunia

Negara imperial ingin menguasai dunia, mereka melakukan ekspoitasi dan perluasan wilayah agar negaranya menjadi negara yang luas yang terorganisai secara politik.

3. Mengumpulkan Kekuatan

Dengan menaklukan negara lain, maka kekuatan penjajah akan semakin besar dan kuat. Dengan begitu negara tersebut akan mempunyai pengaruh yang besar di seluruh dunia.

Dampak Imperialisme

Imperialisme yang dilakukan oleh suatu bangsa akan memeberikan dampak negatif terhadap negara yang menjadi wilayah jajahannya. Berikut ini dampak yang diakibatkan oleh imperialisme:

1. Menciptakan Tanah Jajahan

Imperialisme akan mengakibatkan suatu negara menjadi wilayah jajahan. Negara imperial atau negara penjajah akan menguras habis seluruh sumber daya yang ada di wilayah jajahan. Hal ini akan sangat merugikan bagi negara yang dijajah karena akan kehilangan hak-hak yang dimilikinya.

2. Munculnya Politik Pemerasan

Penjajah akan menggunakan strategi atau cara yang digunakan untuk memeras negara jajahan demi kepentingan negara penjajah.

3. Terjadinya Perang Kolonial

Penjajahan atau imperialisme yang dilakukan oleh suatu negara akan memicu terjadinya perang besar. Negara yang dijajah akan mati-matian melawan penjajah agar melepaskannya. Begitu juga negara penjajah agar menyerang terus negara jajahan hingga menyerah tanpa syarat. Hal ini tentu akan menjadi perang besar yang memakan banyak korban.

4. Timbulnya Politik Dunia

Imperialisme akan mengakibatnya timbulnya politik dunia. Masing-masing negara akan mempunyai cara tersendiri atau politik yang dibangun untuk menghidari para penjajah agar tidak mengusik.

5. Kemunduran Negara

Negara yang dijadikan wilayah jajahan akan mengalami kemunduran bahkan kebangkrutan akibat penjajahan. Kemisikinan dan kelaparan akan terjadi dimana-mana dan pada akhirnya mengakibatkan masyarakat sengsara dan menimbulkan jatuhnya korban.

Nah, sekarang sudah paham kan mengenai pengertian imperialisme?

0 Comment

Leave a Comment