Pengertian Geografi, Fungsi, Jenis – Jenis dan Manfaat Geografi

Subtitle goes here

By:

Februari 05, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Geografi

Ilmu pengetahuan saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap semua aspek. Salah satu ilmu pengetahuan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia adalah ilmu geografi dan menjadi ilmu yang terintegrasi antar bidang. Misalnya saja ketika ada proyek pemabngunan, ilmu geografi akan sangat menunjang dalam hal kesesuaian letak lokasi pembangunan namun juga didukung oleh ilmu-ilmu yang lain.

Melihat begitu banyak pengaruh ilmu geografi terhadap kehidupan manusia. Lalu apakah anda tahu arti dari kata geografi ?

Pengertian Geografi

Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari lokasi, persamaan maupun perbedaan fenomena fisik serta kehidupan manusia yangada dipermukaan bumi. Isltilah goegrafi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yatu geo yang memiliki arti Bumu dan juag grapein berati tulisan. Ilmu pengetahuan ini telah diajarkan sebagai pengetahuan di sekolah-sekolah dlaam jenajang SMA maupun SMK.

Fungsi Geografi

Sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang segala gejala alam dan kehidupan ayang ada dipermukaan bumi serta proses terjadinya interaksi antara manusia dengan lingkungan dalam hubungannya dengan susunan keruangan dan kewilayahan. Nah maka dari itu ada beberapa fungsi dari ilmu geografi, dan diataranya sebagai berikut :

  1. Sebagai alat yang digunakan untuk analisis keruangan dengan hal-hal yang saling berkaitan. Misalnya keterkaitan antara lereng dengan erosi.
  2. Sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis kelingkungan dengan fingsi menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan tempat tinggalnya.
  3. Sebagai alat untuk melakukan analisis kewilayahan yang berfungsi untuk memberikan gambaran tentang ciri khas dari suatu wilayah, mampu untuk membedakan antara wilayah yang satu dengan wilayah lainnya.
  4. Menumbuhkan kesadaran dari masing-masing individu untuk selalu peduli dengan lingkungan hidup dan sumber daya alamnya, toleransi terhadap semua agama yang berkembang di amsyarakat serta sosial budayanya.

Manfaat Geografi

Mempelajari Geografi memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut.

1. Memberikan Infomasi Tentang Pemetaan Daerah Rawan Bencana

Akses informasi yang terus berkembang harus dimanfaatkan untuk mencipatakn teknologi yang mempermudah manusia. Maka dari itu orang-orang yang telah berkecimpung dalam ilmu geografi ini memanfaatkan akses informasi untuk membuat peta daerah rawan bencana.

Hal ini bertujuan agar dana yang dikeluarkan pemerintah untuk pendanaan bencana benar-benar dipergunakan dengan semestinya. Geografi memiliki peran penting dalam pematan daerah rawan bencana melalui pengumpuln data fisisk berupa curah hujan maupun tipe tanah tiap daerah.

2. Pemetaan Potensi Pertanian Daerah

Adanya ilmu geografi anda bisa mengetahui potensi daerah di sektor pertanian, hal ini bisa dilakukan dengan melakukan analisis kesesuaian lahan. Namun sebelum melakukan proses analisis anda terlebih dahulu harus menggali informasi geografis sepert land slope, data jenis tanah, ketinggian yang sekiranya dibutuhkan, dan juga klimatologi.

Setelah data tersebut sudah terkumpulkan maka langkah selanjutnya dengan menerapkan teknik overplay peta land slope, kemudian ketinggian tanah, klimatologi serta tipe tanah yang akan dianalissi. Maka hasilnya akan menunjukkan apakah daerah yang anda analisis tadi memiliki potensi untuk mengembangkan sektor pertanian.

3. Memberikan Informasi tentang Potensi Ekonomi Daerah

Sebagian dari and mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui potensi ekonomi dari ilmu geografi? Sebenarnya hal tersebut bisa diketahui dari adanya pemetaan pertanian dan perkebunan dari suatu daerah. Gambaran pertanian maupun perkebunan dapat digunakan untuk mengukur seberapa besar pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) kabupaten. Dari informasi tersebut maka anda akan menerima gambaran umum tentang posisi kabupaten diatara kabupaten lain. baik itu untuk kawasan yang sudah maju maupun yang masih tertinggal.

4. Memberikan Informasi Tentang Perubahan Iklim

Geografi juga berberan dalam memberikan informasi yang berkaitan dengan iklim maupun kondisi cuaca dari suatu daerah.  Informasi tersebut bisa diperoleh dari data klimatologi disatu daerah yang menentukan pengembangan hortikultura dan pertanian. Nah data-data curah hujan yang terkumpul akan mengarahkan jenis pengembangan tanaman pertanian yang sesuai.

5. Memberikan Informasi Tentang Kepadatan Penduduk

Melalui informasi kependudukan yang telah terdata melalui bidang geografi, kepala daerah akan bisa mengukur seberapa besar jumlah usia produktif yang bisa diserap sebagai tenag pekerja. Selain itu informasi tersebut juga bisa memberikan gambaran usia lanjut dari para penduduk apakah lebih tinggi dibandingkan degan usia produktifnya. Adanya ilmu geografi dalam kehidupan manusia berfungsi untuk menghitung kepadatan penduduk yang ada dalam suatu daerah.

6. Memberikan Informasi Tentang Kondisi Lingkungan

Dari data klimatologi yang telah tercatat sebelumnya, anda bisa memperoleh informasi tentang lemiringan lereng maupun tipe tanah dari suatu daerah. Informasi tersebut tentu saja akan sangat berguna untuk mengetahui tingkat kerusakan lingkungan yang terjadi dari tahun ketahun.

Hal ini berguna bagi masyarakat untuk mengetahui acaman kerusakan lingkungan yang bisa terjadi kapanpun, maka dari itu dengan adanya informasi ini tentu saja masyarakat bisa mengantisipasinya dengan melakukan tidakan pencegahan.

Jenis – Jenis Geografi

Geografi terbagi menjadi beberapa jenis, berikut penjelasannya.

1. Geografi Fisik

Khusus untuk geografi fisik ini hanya mempelajari bentang lahan (landscape) yaitu bagian ruang dari permukaan bumi yang terbentuk dari adanya interaksi maupun interdependensi bentuk lahan. Fokus utama dari geografi fisik berkaitan dengan lapisan hidup dari lingkungan fisik.

2. Geografi Manusia

Geografi jenis ini hanya mempelajari tentang manusia dan lingkungan fisiknya. Termasuk jumlah penduduk,  aktivitas ekonomi, sosial dan juga budaya yang ada didalamnya, serta proses peyebaran penduduk.

3. Geografi Teknik

Geografi teknik hanya terfokus pada cara-cara  memvisualisasikan dan menganalisis setiap data maupun informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto maupun  citra dari hasil penginderaan jauh.

Demikian ulasan tentang geografi yang bisa penulis berikan. Semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda semua.

0 Comment

Leave a Comment