Pengertian Dasar Negara, Fungsi, Manfaat dan Dasar Negara Indonesia

Subtitle goes here

By:

Februari 04, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Dasar Negara

Dasar negara merupakan suatu unsur penting bagi sebuah negara. Dasar negara akan menjadi pilar hidup dan landasan berbagsa bagi suatu negara. Bagi banyak negara di dunia, dasar negara menjadi sumber dari segala sumber hukum yang akan diterapkan. Lantas tahukah anda apa pengertian dasar negara, apa fungsi dari dasar negara, serta apa manfaat dasar negara?

Pengertian Dasar Negara

Dasar Negara terdiri dari 2 kata yaitu dasar yang diartikan sebagai landasan atau hal fundamental yang utama dan kata negara yang diartikan sebagai organisasi yang memiliki kuasa atas wilayahnya, rakyatnya, dan pemerintahan yang ditaati. Sedangkan secara umum, dasar negara merupakan suatu sikap atau pandangan hidup bagi masyarakat di suatu wilayah. Dasar negara adalah suatu filsafat berpolitik dan berkehidupan yang menjadi sumber tata tertib atau hukum di suatu negara.

Setiap negara memiliki dasar negara yang berbeda beda. Namun setiap negara wajib memiliki dasar negara agar memiliki landasan untuk melangsungkan kehidupan negaranya. Dasar negara selalu difungsikan sebagai dasar untuk mengatur jalannya pemerintahan. Jika suatu negaa tidak memiliki dasar negara, negara tersebut tidak akan memiliki pedoman dalam menjalani kehidupan bernegara. Akan sulit bagi negara untuk menentukan hukum dan peraturan.

Menurut beberapa ahli, pengertian dasar negara adalah :

  1. Karl Marx, dasar negara adalah suatu peringkat tingkat tertinggi yang memiliki kuasa atas terjadinya eksploitasi pada kelas lain yang berada dibawahnya.
  2. J. Rousseau, dasar negara adalah alat untuk menjaga kemerdekaan dan ketertiban individu serta publik di suatu negara.
  3. Tracy, dasar negara adalah suatu program yang dibuat agar dapat menjadi alat perubahan dalam tatanan hidup masyarakat di suatu negara.
  4. C. Wheare, menjelaskan bahwa dasar negara merupakan semua sistem ketatanegaraan yang memuat berbagai aturan pemerintah dalam melaksanakan kehidupan bernegara.
  5. Robert M. Mac. Iver, dasar negara adalah sebuah asosiasi yang memiliki fungsi untuk melindungi dan menjaga ketertiban kehidupan bermasyarakat yang sudah sesuai dengan sistem hukum serta tatanan pemerintahan yang berlaku. Dasar negara dilaksanakan oleh seluruh warga negara dan diawasi oleh pemerintah yang bersifat memaksa.

Dasar Negara Indonesia

Dasar negara Indonesia sendiri adalah PANCASILA. Pancasila terdiri dari 5 pilar yang disatukan dalam gambar burung garuda, yaitu :

  1. Ketuhanan yang Maha Esa (yang dilambangkan dengan gambar Bintang )
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (yang dilambangkan dengan gambar Rantai )
  3. Persatuan Indonesia (yang dilambangkan dengan gambar Pohon Beringin )
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan (yang dilambangkan dengan gambar Kepala Banteng)
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (yang dilambangkan dengan gambar Padi dan Kapas )

Pancasila adalah ideologi bangsa serta dasar negara Indonesia yang dirumuskan pada tanggal 1 Juni 1945 oleh para pendiri bangsa dengan berkaca pada kebutuhan serta keadaan bangsa Indonesia masa itu dan masa yang akan datang. Karenanya, pancasila sebagai dasar negara sangat mudah diterima sebagai pedoman hidup dan landasan hukum karena sudah sesuai dengan keadaan masyarakatnya.

Fungsi Dasar Negara

Dasar Negara memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut.

1. Dasar Berdirinya Negara

Para pendiri bangsa tentunya telah melakukan pemikiran mendalam mengenai dasar negara ketika akan mendirikan suatu negara. Karena tanpa dasar negara, mereka tidak akan mengetahui tujuan serta landasan dari negara itu.

2. Dasar Penyelenggaraan Negara

Tujuan didirikannya negara adalah untuk mencapai cita-cita bangsa dibawah kepemimpinan penyelenggara negara dalam hal ini pemerintah. Agar kegiatan kebangsaan dan kenegaraan dapat dicapai dengan maksimal, pemerintah harusnya mendasarkan kegiatan pada suatu dasar negara.

3. Dasar Partisipasi Warga Negara

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mempertahankan negaranya serta berpartisipasi dalam pencapaian tujuan negara. Dalam berpartisipasi, warga negara hendaknya mengacu pada dasar negara.

4. Dasar Kehidupan Bermasyarakat

Dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat sehari hari, warga negara hendaknya bersikap sebagaimana cerminan dasar negara. Menghormati satu sama lain, saling toleransi dan menanamkan sikap persaudaraan.

5. Dasar Sumber Hukum

Dalam suatu negara, pasti terdapat peraturan yang mengikat dan memaksa bagi seluruh warganya. Hukum yang berlaku dalams uatu negara haruslah bersumber dari dasar negara agar tidak melenceng dari tujuan serta nilai nilai asli suatu negara.

Manfaat Dasar Negara

Dasar Negara juga memiliki banyak manfaat untuk masyarakat, berikut penjelasannya.

  1. Sebagai pedoman hidup, dasar negara tentunya akan membantu warganya dalam menentukan sikap dan berperilaku. Dengan adanya pedoman / pandangan hidup yang sama antar warga negara, maka akan tercipta suatu tatanan kehidupan yang tentram dan adil.
  2. Dasar negara akan membuat setiap warga negara bahu membahu mewujudkan cita cita bangsa dan mengesampingkan ego pribadi.
  3. Dasar negara dapat menjadi tameng dan gengsi nasional tersendiri bagi bangsa lain. Ketika warga negara lain memahami bahwa suatu negara memiliki landasan yang kuat, tentunya akan memiliki ketakutan tersendiri saat akan mengganggu negara tersebut.
  4. Dasar negara dapat menjadi pemacu rasa nasionalisme bagi warga suatu negara. Ketika setiap warga negara memahami dan menerapkan dasar negara dalam kehidupan sehari – hari, tentunya dasar negara akan selalu terpatri sehingga rasa nasionalisme akan timbul dengan sendirinya.

Nah, itulah uraian pangjang lebar mengenai penegrtian dasar negara, fungsi, serta manfaat dasar negara. Setiap warga negara yang baik pasti akan menerapkan nilai nilai dari dasar negara dalam kehidupan sehari hari. Semoga Informasi diatas dapat bermanfaat.

0 Comment

Leave a Comment