Ini Nasib Bripda GAP Video Viral Sombong Kokangkan Senjata Sambil Ucapkan ‘Pacar Kamu Ganteng, Kaya’

Subtitle goes here

By:

Mei 15, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Berhati-hatilah memposting sesuatu di media sosial, jangan sampai berakibat buruk bagi diri sendiri bahkan orang lain.

Belakangan viral di media sosial sebuah video yang disebut anak didik dari Akademi Kepolisian yang pertama kali diunggah oleh akun Twitter @kapansarjana_ pada Selasa (12/5/2020).

Dalam video itu tampak seorang pria muda bertubuh kekar menggenakan kaos coklat, celana coklat dan tas punggung berdiri di sebuah garasi. Terlihat pula kendaraan seperti truk dan mobil pengangkut uang.

Loading...

Video berdurasi empat menit itu menyebar luas dan menuai kritik netizen. Sebanyak 12 ribu lebih komentar ditinggalkan pada unggahan video itu.

Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan meluruskan‎ pria di video itu bukanlah taruna Akpol melainkan anggota Polri, Bripda GAP.

“Bukan taruna Akpol seperti yang diberitakan. Tapi Bripda GAP, anggota unit 1 Subditgasum Direktorat Samampta ‎Polda Metro Jaya,” ungkap Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Kamis (14/5/2020).

Buntut dari video itu, kat‎a Ahmad Ramadhan, Bripda GAP sudah diperiksa Propam Polda Metro Jaya untuk klarifikasi.

‎Hasil BAP di Propam Polda Metro Jaya, Bripda GAP membuat video tersebut bersama satu orang rekannya yakni Bripda RI saat keduanya tengah melakukan tugas pengawalan terhadap perusahaan pengisian uang di ATM.

“Sebelum melakukan pengawalan Bripda GAP berinisiatif membuat video itu direkam oleh Bripda RI,” terang Ahmad.

Ahmad mengatakan, video yang dibuat pada 20 April 2020 itu langsung diupload oleh Bripda GAP dalam status Whatsapp hanya untuk bercanda tanpa mengirimkan kepada siapapun.

Tanpa disadari oleh Bripda GAP, kemudian videonya viral di sosial media dengan pertama kali [email protected]_ mengunggah di Twitter.

Videonya viral

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan sebuah tayangan video salah satu anak didik dari Akademi Kepolisian.

Video yang pertama sekali diunggah oleh akun twitter @kapansarjana_, Selasa (12/5/2020) dengan cepat langsung menjadi viral dan menyebar di jaringan sosial instagram.

Hingga berita ini diturunkan, video yang diunggah oleh akun twitter tersebut sudah ditonton hampir 3,8 juta tayangan.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria muda bertubuh kekar mengenakan kaus warna coklat susu, celana coklat dan juga tas punggung.

Sosok ini disebut merupakan anak didik (taruna) dari Akademi Kepolisian. Hal itu diperkuat dari lambang akademi kepolisian yang melekat pada bajunya, serta senjata api yang sedang ia pegang.

Taruna akpol yang tidak diketahui identitasnya ini tampak berdiri di sebuah garasi tempat parkiran kendaraan. Kendaraan itu terlihat seperti truk dan mobil pengangkut uang. Dengan posisi berdiri, ia pun melontarkan sebuah kata sambil menghadap ke kamera.

“Pacar kamu ganteng, kaya……” kata Taruna tersebut.

Sambil tertawa kecil dan berjalan satu langkah, ia melanjutkan kata-katanya.

“bisa gini?” sambil menarik kokang senjata yang dipegangnya.

Video berdurasi empat menit itu langsung menyebar luas dan menuai kritik dari netizen. Sebanyak 12 ribu lebih komentar ditinggalkan pada unggahan video itu dan diretweet sebanyak lebih dari 9 ribu kali.

Pasalnya, warganet kesal dengan sikap dan kata-kata yang dilontarkan oleh taruna tersebut dalam videonya. Ramai netizen menilai bahwa kata-kata yang diucapkan oleh taruna itu merupakan suatu bentuk kesombongan.

Termasuk akun @kapansarjana_ yang mengunggah video tersebut pertama sekali.

“Mohon untuk bpk @DivHumas_Polri, kasih tau anak didik njenengan pak, tidak usah sombong sama rakyat, anak didik, juga kalian diagaji oleh uang pajak rakyat,” kata akun @kapansarjana_ menambahi kolom thread postingannya.

“Ya ampun kenapa si ini orang seragaman sombong. Dari SD sampe SMA aku seragaman ga ada pernah merasa spesial terus sombong gitu. Heran” kata akun @gayatrirm.

Tindakan yang dilakukan oleh taruna ini oleh warganet disebut telah melanggar aturan tentang Larangan Pamer Kemewahan bagi anggota polri dan keluarganya.

Dilansir dari kompas.com, aturan tersebut merupakan aturan yang diterbitkan oleh Kepolisian Indonesia yang tercantum dalam Surat Telegram Nomor: ST/30/XI/HUM.3.4/2019/DIVIPROPAM tertanggal 15 November 2019.

Dalam Surat Telegram yang ditandatangani oleh Kadiv Propam Polri Irjen Pol Sigit Prabowo tersebut berisikan tentang peraturan disiplin anggota Polri, kode etik profesi Polri, dan kepemilikan barang mewah oleh pegawai negeri di Polri.

Warganet pun mengaitkan tindakan yang telah dilakukan oleh taruna tersebut dalam videonya dengan 7 aturan larangan kemewahan tersebut.

Dari komentar tersebut, ada pula warganet yang mengingatkan pengguna jaringan sosial lainnya untuk tidak mengatasnamakan tindakan yang dilakukan oleh taruna ini pada nama besar kepolisian

Menurut akun @vigilantgurl, yang seharusnya di kritik adalah sosok pribadi taruna tersebut, bukan membawa instansinya.

Warganet berharap, seragam yang digunakan oleh taruna ini bisa amanah digunakan untuk menolong sesama. Bukan untuk menyombongkan diri.

sumber: TRIBUNPEKANBARU.COM

0 Comment

Leave a Comment