Feses Seberat 13 Kg di Dalam Perut Pria Ini, Akhirnya di Operasi

Subtitle goes here

By:

Mei 16, 2020

Shares

1.0 of 1 User
Loading...

Apa rasanya menderita sembelit sejak kecil? Tentu sangat menyiksa. Perut akan lebih sering merasa sakit, dan buang air besar pun menjadi tidak lancar. Seperti yang dialami oleh seorang pria asal Tiongkok, ia mengaku kepada dokter bahwa dirinya mengalami sembelit sejak kecil. Setelah diteliti oleh tim dokter, pria ini ternyata mengidap penyakit Hirschsprung.

Efeknya, pria itu menjadi sulit buang air besar dan sering merasa sembelit. Akibatnya, perut pria tersebut tampak seperti seorang perempuan yang sedang hamil 9 bulan. Bedanya, di dalamnya bukan jabang bayi, melainkan feses yang sangat besar Lalu seperti apa hasil operasi pria tersebut?

Tim dokter dari Tiongkok berhasil mengeluarkan feses seberat 13 kilogram dari perut seorang pria. Sebelum menjalani operasi, pria berusia 22 tahun tersebut mengeluh sembelit sejak ia kecil.

Loading...

Pria tersebut rupanya mengalami pembesaran usus besar hingga sepanjang 76 cm. Menurut tim dokter di Tenth People’s Hospital, Shanghai, pria yang tidak disebutkan namanya ini diduga menderita penyakit Hirschsprung.

Penyakit Hirschsprung merupakan penyakit yang menyebabkan adanya pembengkakan pada saluran pencernaan. Pembengkakan tersebut bisa terjadi karena gangguan dari serat saraf yang melayani saluran pencernaan.

Sebelum melakukan operasi pengangkatan usus, pria ini tampak seperti wanita yang tengah hamil 9 bulan, perutnya membesar karena timbunan feses di dalam saluran pencernaannya. Tak heran jika pria ini mengaku telah mengalami sembelit selama bertahun-tahun.

Ia pun mengaku telah menggunakan berbagai macam obat pencahar untuk mengatasi sembelitnya namun efek obat tersebut hanya sementara. Tak tahan lagi merasakan sakit, pria tersebut akhirnya memutuskan untuk berobat ke rumah sakit dan menjalani operasi.

Menurut dokter yang menangani kasus ini, operasi pengangkatan usus yang membengkak bisa berlangsung hingga 3 jam. Seteah ususnya diangkat, kedua ujung usus tersebut dijahit agar feses di dalamnya tidak keluar.

Penyakit Hirschsprung terjadi pada 1 dari 5000 bayi, umumnya pada bayi laki-laki. Umumnya, penyakit ini berhubungan dengan kelainan genetik atau kelainan bawaan lainnya. Gejala penyakit Hirschsprung sebenarnya mudah dideteksi sejak bayi lahir atau beberapa bulan kemudian.

Pada bayi, gejala penyakit Hirschsprung antara lain tidak bisa buang air besar lebih dari 48 jam setelah dilahirkan, perut mengalami pembengkakan, kembung, diare, hingga muntah yang berwarna hijau.

Pengobatan utama untuk penyakit Hirschsprung adalah operasi pengangkatan bagian usus yang bermasalah. Jika tidak demikian, maka penyakit ini bisa semakin parah.

Melihat kondisi pria tersebut, tentu kita doakan agar kondisinya dapat segera pulih dan bisa beraktivitas dengan nyaman. Kita pun harus bersyukur karena telah diberi kesehatan. Cara mensyukurinya tentu saja dengan menjaganya sebaik mungkin. Olahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat dan mengandung cukup serat.

sumber: keepo.me

0 Comment

Leave a Comment