Awas! Jangan Pernah Lagi Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Dimasak, Bahayanya Ngak Main-main

Subtitle goes here

By:

Juni 26, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Makanan pokok yang cepat dan mudah untuk diolah di dapur adalah ayam. Daging putih tersebut bisa dijadikan pilihan untuk makan malam yang sehat.

Kamu juga bisa olah daging ayam menjadi apa pun, karena dagingnya terbilang serbaguna. Kamu bisa olah menjadi makanan ringan atau ayam panggang yang lezat. Tapi justru berbeda ketika ingin masak ayam, sebaiknya daging ayam mentah tidak dicuci sebelum dimasak loh.

Dikutip dari Fox News (3/5/2019), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan tweet pada 26 April 2019 terkait dengan cara pencegahan penyakit dari bakteri pada daging ayam.

Loading...

Kira-kira seperti apa ya?

Penasaran?

Yuk kita simak bersama pencegahan penyakit dari bakteri ini.

Pencegahan Bakteri Pada Ayam

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menuliskan tweet pada 26 April 2019 untuk mencegah penyakit dari bakteri yang ada di daging ayam.

“Orang Amerika makan lebih banyak ayam setiap tahun daripada daging lainnya,” kata CDC.

“Ayam bisa menjadi pilihan yang bergizi, tetapi ayam mentah sering terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter dan kadang-kadang dengan bakteri Salmonella dan Clostridium perfringens.

Jika Anda makan ayam yang kurang matang atau makanan atau minuman lain yang terkontaminasi oleh ayam mentah atau jusnya (cairan), Anda bisa mendapatkan penyakit bawaan makanan, yang juga disebut keracunan makanan.”

Badan itu merekomendasikan menempatkan ayam mentah dalam kantong sekali pakai sebelum menempatkannya di keranjang belanja atau lemari es, mencuci tangan dengan air sabun setelah memegangnya.

CDC juga menyarankan menggunakan talenan terpisah untuk mengolah ayam dan tidak pernah menempatkan makanan yang dimasak atau produk segar pada permukaan yang sama dengan ayam mentah.

Disarankan juga menggunakan termometer makanan untuk memastikan ayam dimasak.

Selain tips-tiips itu, CDC menyarankan agar tidak mencuci ayam mentah karena “jus (cairan) dari ayam dapat menyebar di dapur dan mencemari makanan, peralatan, dan meja dapur lainnya.”

Bahkan penyakit serius dapat terjadi karena keracunan makanan terutama pada anak-anak di bawah 5 tahun, orang di atas 65 tahun dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah serta wanita hamil.

Sementara dikutip dai NHS, mencuci ayam mentah sebelum dimasak dapat meningkatkan risiko keracunan makanan dari bakteri Campylobacter.

Percikan air dari mencuci ayam di bawah keran dapat menyebarkan bakteri ke tangan, permukaan kerja, pakaian, dan peralatan memasak.

Tetesan air dapat berjalan lebih dari 50 cm ke segala arah dan hanya dengan beberapa sel Campylobacter sudah bisa menyebabkan keracunan makanan.

Di Inggris, sebagian besar kasus infeksi Campylobacter berasal dari unggas. Sekitar 50% dari ayam yang dijual di Inggris membawa bakteri.

Keracunan Campylobacter dapat menyebabkan sakit perut, diare parah, dan kadang-kadang muntah antara dua dan lima hari.

Namun, dalam kasus-kasus tertentu, itu juga dapat menyebabkan sindrom iritasi usus , artritis reaktif dan sindrom Guillain-Barré .

Cara mencegah keracunan Campylocater

1. Tutup dan dinginkan ayam mentah

Tutupi ayam mentah dan simpan di bagian bawah lemari es sehingga jusnya tidak bisa menetes ke makanan lain dan mencemari mereka.

2. Jangan cuci ayam mentah

Memasak akan membunuh semua bakteri yang ada, termasuk Campylobacter, sementara mencuci ayam dapat menyebarkan kuman dengan percikan.

3. Cuci perlatan bekas

Cuci dan bersihkan semua peralatan, talenan, dan permukaan yang digunakan untuk menyiapkan ayam mentah dengan seksama.

Cuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah memegang ayam mentah. Ini membantu menghentikan penyebaran Campylobacter.

4. Masak ayam sampai matang

Pastikan ayam kukus panas benar-benar matang sebelum disajikan. Potong menjadi bagian daging yang paling tebal untuk memastikan bahwa dagingnya mengepul panas tanpa ada daging merah muda dan jus bening.

Selain disarankan tidak mencuci daging ayam, dikutip dari Fox News, CDC juga mengatakan sebaiknya tidak mencuci jenis daging unggas lain, daging merah, dan telur sebelum masak.

sumber: wiken.grid.id

0 Comment

Leave a Comment